Tuesday, January 29, 2008

Tidak Akan Sama Lagi (?)

Beberapa waktu yang lalu, saya bertengkar dengan teman saya. Iya, bertengkar! Bukan bertengkar sampai gelut ala cakar-cakaran gitu, da bertengkarnya juga via YM. Tapi, walau lewat YM juga teuteup, weh, bertengkar.

Sebetulnya, dari bertengkar itu, kami langsung saling minta maaf. Sebetulnya, kalo disebut musuhan, tentu saja tidak. Karena, setelah itu kami ga bertengkar lagi. Tapi, setelah pertengkaran itu, hubungan kami langsung berubah total. Tidak pernah sama lagi.

Saking pernah deketnya saya sama teman yang ini, saya jadi terlalu peduli padanya. Terlalu sayang. Tapi, terlalu peduli ini yang membuat temen saya jadi jengah dan merasa saya terlalu ikut campur urusannya. Saya kaget sekaligus sedih waktu dia bilang, dia minta saya berdiri di belakang garis saja.

Kemudian, saya tersadar. Tugas saya cuma ngingetin aja. Bukan tugas saya mengubah perilakunya. Tentu, saking sayangnya saya sama dia, saking kuatirnya saya sama beliau, saya takut beliau kenapa-kenapa ntarnya. Saya ga mau lihat dia sakit. Saya ga mau lihat dia jatuh. Kesedihannya adalah kesedihan saya juga.

Waktu curhat sama kakang, kakang bilang saya ga salah. Kakang bilang, karena saya sayang dan peduli padanya, maka, saya jadi tergerak buat ngingetin dia. Terus saya tanya kakang, saya salah, nggak? Kakang bilang nggak. Karena, kakang bilang, atas dasar rasa peduli saya terhadapnya, maka saya pasti refleks berbuat begitu. Tapi, namanya manusia, kita ga bisa memaksakan kehendaknya. Reaksi tiap orang pasti beda-beda kalo dikasih tau. Ada yang terima ada yang nggak. Nah, bukan tugas saya buat memaksakan kehendak tiap orang buat nerima masukan dari saya. Saya juga mencoba intropeksi atas dasar masukan dari yang lain juga, siapa tahu cara saya salah. Yah, bisa jadi, cara saya yang salah. Atau, waktunya yang ga tepat... entahlah...

Tapi, sejak saat itu, saya membuat keputusan untuk ga lagi peduli tentang urusan siapapun. Karena, setiap saya peduli, saya selalu bereaksi buat ngomel atau ngasi tau. Seperti biasa, reaksi mereka ga terima. Walau di kemudian hari, mereka minta maaf pada saya, bahwa apa yang saya kuatirkan jadi kenyataan, tapi, sekarang saya memilih buat menghindari konflik.

Terus terang, kakang nggak setuju kalo saya jadi ga pedulian seperti itu. Tapi, saya juga menyadari, bahwa ketika sebuah hubungan berubah karena saya benar tapi temen saya ga terima atau sebaliknya, ini adalah sakit terperih yang harus saya derita, entah sampai kapan. Jujur aja, kehilangan temen bukanlah sesuatu yang saya suka dalam hidup saya. Tapi, saya tahu, setelah pertengkaran itu, semua menjadi tidak sama lagi...

Tak lama setelah pertengkaran itu, saya mendengar berita sebuah kematian, yang membuat saya terkesiap. Ya Allah, gimana seandainya waktu saya tiba, masih ada orang yang dendam atau marah pada saya? Saya sadar, saya belum cukup bekal untuk menghadapNYA. Untuk itu, kemudian, saya mulai bertekad untuk mulai mengurai satu persatu benang kusut yang saya hadapi, jika suatu saat saya menghadapNYA, paling tidak ada satu benang kusut yang telah terurai. Saya harus segera bebenah.

Untuk itu, buat semua temen-temen yang baca tulisan ini, yang pernah tersakiti hatinya, saya mohon maaf. Saya takut, ketika waktu saya sudah tiba, saya belum sempat minta maaf pada kalian atas seluruh kesalahan saya....

gambar diambil dari sini

Monday, January 28, 2008

Selamat Jalan, Pak Harto....

Innalillaahi wa inna ilaihi rooji'uun...
hanya itu yang dapat saya ucapkan...
melepas kepergian seorang pemimpin besar
walau banyak yang mencela dan bicara macam-macam tentang beliau
beliau tetap seorang pahlawan besar bangsa Indonesia
beliau punya andil besar dalam membesarkan bangsa Indonesia

kenapa, ya, kita lebih suka terus menerus mencela keburukan seseorang ketimbang mengingat kebaikannya?

menurut saya, Pak Harto adalah orang baik. Lihatlah, setelah beliau wafat, banyak sekali yang melepasnya.
Jadi pertanyaan buat saya, kalo saya meninggal nanti, ada nggak ya, yang mengantar saya?

Selamat jalan, Pak Harto...
Semoga Allah menerangi kuburmu, memberimu pandangan surga
Semoga Allah menempatkanmu di tempat terbaik di sisiNYA
semoga Allah memberikan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu.. aamiin....

foto diambil dari sini

Friday, January 25, 2008

Dibayar Tunai!!!! -_^

Halo, semua....
Apa kabar?
Kangen juga nih, ama MP dan semuamuanya...
tapi, kejebak sama overload kerjaan di kantor, akibatnya MP tak tersentuh...
online juga cuma YM doang dan baca email, bahkan ga bisa blogwalking atau MP walking...
huhuhuhuhu......

tapi, ya sudahlah...

intinya, I MISS YOU ALL!!!!!

eh, iya, seminggu lalu, ibu saya kecopetan di Pasar Baru. Waktu itu, blio nganter si ade beli sesuatu (soalnya, si ibu juga ga mau terus terang, apa itu si sesuatu yang hendak dibeli di PB)...
saya sih di rumah, pada saat kejadian, sedang menikmati hari Minggu bersama kakang dan ilman. nemenin ilman main, tiba-tiba, bapak manggil, "Mbak, ibu kecopetan di Pasar Baru!!"

spontan, saya, kakang dan ilman keluar kamar. Ternyata, bapak lagi ngobrol sama ibu via ponsel. Bapak ngasih ponsel itu ke saya, dari nada suaranya ibu tampak stres dan panik, ibu minta saya buat telpon ke Halo BCA buat blokirin ATMnya.

Seusai terima telpon, saya pun bergegas cari-cari nomernya Halo BCA. Saya belum jadi nasabah BCA, jadi agak kelimpungan juga kalo mesti ngurusin hal beginian.
Masalah blokir-blokirannya mah ga usah diceritain, yah, soalnya sempet rada menyesakkan di awal, tapi kemudian semuanya udah clear....

Sekitar satu setengah jam kemudian, ibu sudah di rumah. Ternyata, copetnya merobek tas ibu. Sempet kaget juga, soalnya, tas itu bahannya keras banget dan sobekannya dalam, sampai mengenai botol air mineral (walau ga sampai bocor). Aneh aja, sih, sama cara kerjanya si copet ini....

Kita berusaha nenangin ibu dan berharap supaya dompet beserta surat-surat penting bisa balik. Kalo duitnya mah sudahlah, mungkin copetnya lagi perlu uang, karena udah setahun ga makan atau anaknya lagi sakit. Kita ikhlasin aja duitnya ilang, asal surat-surat pentingnya ga ikutan ilang alias bisa balik lagi....

Doa dan harapan kami terkabul, sore itu juga dompet ibu kembali, utuh, walau udah ga ada uangnya. Surat-surat penting masih ada, ga terganggu. Yang nganter dompet itu adalah cleaning service yang emang dikerahkan buat ngubek-ngubek semua tempat sampah di PB, setelah ibu ngelapor ke bagian informasinya PB.

Besoknya, salah satu adik saya ketemu famili yang emang udah deket ama keluarga kami. Adik saya nebeng motornya si om famili itu, sambil cerita, kalo hari minggu si ibu kecopetan. Tau ga, si om bilang apa? "Makanya, itu teh kurang sedekah! Jadi weh kecopetan!!"
Adik saya langsung jawab,"Emangnya kalo kita sedekah mesti bilang-bilang??"
Jujur aja, adik saya kecewa berat dengan omongan si om, tapi dia ga cerita ke ibu.

Dua hari dari kejadian adik saya nebeng motor si om, si om main ke rumah dan curhat ke ibu, bahwa dompetnya hilang!!!! Padahal, di situ ada duit segala macem, katanya. Si ibu prihatin, trus bales cerita kalo ibu juga dapet musibah yang sama beberapa hari sebelumnya. Setelah sesi curhat selesai, si om pulang dan papasan sama adik saya yang baru pulang ke rumah.

Ibu yang ga tau kalo si om pernah ngatain ibu kurang sedekah, bilang sama adik saya kalo si om baru aja kehilangan dompetnya, di depan si om yang lagi berkemas mau pulang. Tau, ga, apa jawaban adik saya di depan si om?
Makanya, kurang sedekah, tuh, Om!!!

Si om pundung, terus pulang. Setelah si om pulang, adik saya cerita ke ibu sama bapak, kisah pas adik saya nebeng motor si om.

Ibu saya terhenyak. Padahal, tadinya, sama ibu, si om teh mau dikasih duid, da. Tapi, setelah tau si om ngomong kayak gitu, batal deh...hahahahaha!!!

Ibu cuma ngomong gini pada akhirnya,"Pak, ternyata sama Allah dibayar tunai, ya. Ibu lagi kesusahan terus dikatain walau ga di depan ibu. Ternyata, yang ngatainnya, malah kena musibah yang lebih berat....."

Lucu, aja denger istilah si ibu "dibayar tunai"
tapi, jadi pembelajaran juga, sih, buat saya jadinya.......