Friday, October 02, 2009

P.O Box

Ini bukan tentang kotak kantor pos yang bisa kita sewa untuk keperluan surat menyurat itu, sih...

Di Bandung sini, ada istilah P.O Box (dibaca: pe-o bok) alias dipoyok dilebok. Kasar memang, artinya kurang lebih diejek tapi dimakan juga. Gitu. Cuma ini basa Sunda kasar banget. Biasanya dipakai buat meledek orang yang suka menghina sesuatu, tapi dipakai atau dijalani juga. Hehe...

Ada banyak kisah per-"P.O Box"-an dalam hidup orang-orang di sekitar saya, tapi ada satu kisah yang bener-bener bikin saya merasa geli. Walau, orang yang menceritakannya pada saya itu merasa jengkel sejengkel-jengkelnya jengkel pada saat kejadian.

Jadi gini,
kemarin sore, saya dan teman saya bermaksud menjenguk istri pak GM yang melahirkan 4 hari lalu di RS. Hermina Pasteur, Bandung. Teman saya ada di kantor pusat di jalan Cilaki 63, sementara saya ada di kantor divisi saya, di Jalan Gambir Anom 1. Karena saya ga berkendaraan, maka teman saya itu memutuskan buat jemput saya di Gambir Anom. Entah kenapa, seharusnya Cilaki - Gambir Anom tuh ga makan waktu sampai seperempat jam, tapi saya tunggu sampai 20 menit, temen saya ga nongol juga.

Setengah jam kemudian, barulah teman saya muncul. Dan kami pun berangkat, melewati jalan Suci depan Pusdai. Di situ teman saya bercerita, kalo dia tadi sempat ditilang, karena dia kira bisa langsung belok kanan kalo dari Pusdai, ngikutin mobil yang ada di depannya. Ternyata, mobil yang di depannya belok kanan langsung memang buat masuk ke pom bensin, jadi bisa belok kanan langsung. Temen saya memang ga maksud ke pom bensin, kena priwit, deh.






STNK teman saya itu diambil, teman saya sms saya, bilang kalo macet. Logikanya sih, ga mungkin sempet sms-an di daerah situ, secara crowded banget, tapi saya kan ga tau kalo dia lagi ditilang. Selesai sms-an, teman saya menyiapkan uang Rp. 20.000.

Begitu pak polisi selesai dengan korban sebelumnya, beliau menghampiri teman saya yang langsung disodori uang yang sudah disiapkan teman saya tadi. Pak polisinya kaget, dong! Dan dia bilang, "kok tau, kalo harus bayar?" *ni pak polisi kayaknya tau, kalo ini pengalaman pertama teman saya ditilang*.

Teman saya dengan entengnya menjawab, "bukannya biasanya memang harus bayar, pak, kalo diberhentikan begini?"

Pak polisi bertanya, "mau sidang, ga?" sambil megang kertas entah apa itu. Teman saya bilang, udah keliatan banget basa basinya, tapi gengsi terima langsung duit 20rebu itu.

Teman saya nyaris bilang, "ah, percuma, sidang juga bayar." Tapi dia memilih jawab, "saya ga ada waktu buat sidang, pak."

Pak polisi itu menasihati soal aturan jalan di situ pada jam 17.00-19.00 sambil juga bilang, "kalo mbak digituin tadi, langsung disodori uang, enak, ga?"

jiaaah... pak polisinya tersinggung... hihihihi...

trus saya tanya teman saya, "hmm... pak polisi itu kesinggung, ya... tapi duitnya diterima?"
teman saya menjawab, "diterima, tuh..."

saya ga kuat nahan geli, di atas motor di jalan menuju RS Hermina, saya ngakak habis-habisan sambil sempat sedikit bergumam, "dipoyok dilebok" walau saya tahu, mungkin bukan itu istilah yang tepat... tapi, saya cuma ga tau mesti bilang apa lagi... dudududududu..... kesinggung, tapi tetep diembat duitnya....wakakakakak.....

gambar diambil dari sini

0 comments: